BEKERJA DENGAN SUB PROGRAM
MENGHITUNG VOLUME DAN LUAS PERMUKAAN TABUNG
DENGAN PROGRAM SCARTCH
Pada pemrograman menggunakan visual seperti Scratch, dengan kode-kode program terdiri atas kumpulan blok perintah subprogram terdiri atas kumpulan blok perintah yang terpisah dari blok utama. Salah satu cara agar bagian utama dan subprogram dapat berkomunikasi adalah dengan metode pengiriman pesan. Jika diperlukan bagian utama program akan mengirimkan pesan ke subprogram. Jika subprogram menerima pesan tersebut, subprogram tersebut akan dijalankan sesuai pesan yang diterimanya.
Blok perintah di Scratch umumnya digunakan uanak mengontrol sprite, dengan setiap sprite tidak terikat satu dengan yang lain, dan sprite dapat dijalankan bersama sama. Dengan kata lain, program utama dapat mengirimkan pesan kepada banyak subprogram dan semua subprogram yang menerima pesan tersebut akan dijalankan bersama-sama. Hal ini memberikan kemudahan kepada programer Ketika membuat suatu program game dengan banyak sprite yang berinteraksi bersama-sama, sprite tersebut dapat dijalankan secara bersamaan.
Berikut adalah program dalam menghitung volume dan luas tabung:
Berikut adalah video hasil pemrogaman dalam menghitung volume dan luas tabung:
Komentar
Posting Komentar